Lutfhi Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel yang saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada saran ataupun kritikan bisa melalui komentar ataupun hubungi saya lewat email di menu kontak.

8 Cara Menutup Toko di Shopee 2022 : Sementara & Permanen di HP

Cara Menutup Toko di Shopee

Cara Menutup Toko di Shopee – Aplikasi Shopee menyediakan sebuah fitur yang bisa digunakan para penjual untuk menonaktifkan toko secara sementara dan permanen. Dimana dengan mengaktifkan fitur tersebut, nantinya pelanggan atau pembeli untuk sementara maupun selamanya tidak bisa lagi membuat pesanan pada halaman toko di Shopee tersebut.

Menonaktifkan toko di Shopee dapat dilakukan menggunakan perangkat HP Android dan iPhone. Namun bagaimana cara menutup toko di Shopee di HP Android dan iPhone?

Cara menutup toko di Shopee yaitu melalui halaman pengaturan toko. Sehingga pemilik toko bisa menutup toko secara langsung menggunakan aplikasi di HP Android dan iPhone. Ada beberapa syarat untuk melakukan penutupan toko di Shopee. Diantaranya seperti mengenai syarat waktu dan pesanan di toko Shopee tersebut.

Nah pada artikel kali ini, admin Ahlibelanja akan menyajikan ulasan mengenai cara menutup toko di Shopee. Namun sebelum masuk ke cara tersebut, silahkan simak ulasan mengenai pengertian toko libur, syarat, dan manfaat menutup toko berikut ini.

Apa Itu Fitur Toko Libur di Shopee?

Pengertian fitur toko libur di Shopee yakni merupakan sebuah menu pengaturan toko di Shopee yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menonaktifkan toko di Shopee secara sementara dan permanen. Sehingga setelah mengaktifkan fitur toko libur, nantinya pelanggan atau pembeli tidak bisa membuat pesanan baru pada halaman toko tersebut.

Dan saat fitur toko libur di Shopee diaktifkan, maka semua produk di toko tidak akan ditampilkan pada hasil pencarian sampai penjual menonaktifkan kembali fitur toko libur. Sehingga fitur toko libur benar-benar bisa digunakan untuk menonaktifkan semua aktivitas di toko.

Nah setelah ketahui pengertian mengenai fitur menutup toko, sekarang apa saja syarat menutup toko? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Syarat Menutup Toko

Ada beberapa syarat melakukan penutupan toko di Shopee. Dimana syarat tersebut yakni meliputi batas waktu penutupan dan mengenai pesanan yang sudah masuk saat toko akan di tutup. Syarat melakukan penutupan toko di Shopee diantaranya adalah sebagai berikut :

Waktu Penutupan Toko di Shopee

Syarat menutup toko pertama yaitu mengenai batas waktu melakukan penutupan toko. Dimana setiap penjual di Shopee diberikan batas waktu setelah melakukan penutupan toko. Sehingga setelah sebelumnya menutup toko, maka penjual hanya bisa melakukan menutup toko lagi setelah 24 jam dari waktu membuka toko kembali. Jadi penjual tidak bisa seenaknya menutup toko dengan batas waktu yang dekat atau beberapa kali dalam satu hari.

Pesanan di Toko Shopee

Syarat menutup toko kedua yakni tentang pesanan yang sudah masuk sebelum toko ditutup. Dimana penjual wajib menyelesaikan pesanan yang sudah dipesan oleh pembeli sebelum toko di tutup. Sehingga penjual tidak diperbolehkan untuk memproses pesanan yang masuk setelah buka kembali. Namun wajib menyelesaikan proses pesanan yang sudah masuk sebelum menutup toko.

Nah setelah ketahui syarat menutup toko, sekarang apa saja manfaat ketika melakukan menutup toko? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Tutup Toko

Ada beberapa manfaat bagi penjual ketika menutup toko secara sementara maupun permanen. Manfaat melakukan penutupan toko di Shopee secara sementara dan permanen diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menutup toko bisa dimanfaatkan untuk tidak menerima pesanan pada hari libur nasional maupun hari libur hari raya.
  • Menutup toko bisa dimanfaatkan untuk melakukan stok opname atau melakukan proses pencocokan catatan akuntansi seperti jumlah stok barang dengan catatan akuntansi yang sedang berjalan.
  • Menutup toko bisa digunakan untuk tidak menerima pesanan baru saat barang maupun jasa pengiriman sedang ada masalah.
  • Menutup toko bisa dimanfaatkan untuk tidak menerima pesanan secara sementara ketika sedang dilakukan update produk di toko secara besar-besaran.

Nah setelah ketahui manfaat menutup toko, sekarang bagaimana cara melakukan menutup toko? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Menutup Toko di Shopee

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penutupan toko di Shopee, yaitu toko tutup sementara dan toko tutup permanen di Shopee. Dimana kedua cara tersebut dapat dilakukan menggunakan fitur toko libur melalui pengaturan toko di Shopee. Cara mengaktifkan menutup toko di Shopee adalah sebagai berikut :

Menutup Sementara Toko di Shopee

Cara pertama yaitu untuk menutup toko secara sementara. Dimana cara menutup toko sementara yakni dengan mengaktifkan fitur toko libur dengan batas waktu yang ditentukan. Sehingga setelah penutupan toko sementara selesai, maka penjual akan menonaktifkan fitur toko libur. Dan toko di Shopee kembali aktif dan buka. Cara menutup toko sementara di Shopee adalah sebagai berikut :

  1. Buka Aplikasi Shopee
    Langkah pertama silahkan jalankan aplikasi Shopee di HP Android maupun iPhone, serta pastikan anda sudah melakukan login ke akun dan menggunakan versi aplikasi Shopee terbaru.
    Buka Aplikasi Shopee
  2. Buka Menu Saya
    Langkah kedua yaitu masuk ke halaman profil Shopee. Yaitu dengan cara ketuk ikon Saya di bagian kanan bawah pada halaman utama di Shopee.
    Buka Menu Saya
  3. Masuk ke Menu Toko Saya
    Langkah ketiga silahkan masuk ke halaman profil toko di Shopee. Yaitu dengan cara ketuk tombol Toko Saya di bagian atas kanan pada halaman profil akun Shopee.
    Masuk ke Menu Toko Saya
  4. Pilih Opsi Asisten Penjual
    Langkah keempat silahkan menuju halaman asisten penjual di Shopee. Yaitu dengan cara ketuk opsi Asisten Penjual pada tampilan menu Toko Saya.
    Pilih Opsi Asisten Penjual
  5. Pilih Pengaturan Toko di Shopee
    Langkah selanjutnya silahkan masuk ke pengaturan toko di Shopee. Yaitu dengan cara tap opsi Pengaturan Toko pada halaman asisten penjual.
    Pilih Pengaturan Toko di Shopee
  6. Aktifkan Fitur Toko Libur di Shopee
    Selanjutnya yaitu proses menutup toko secara sementara. Yaitu dengan cara mengaktifkan fitur toko libur. Yaitu dengan cara ketuk tombol mengaktifkan toko libur, lalu tap tombol Aktifkan. Dengan begitu nantinya toko akan tutup selama fitur tersebut diaktifkan.
    Aktifkan Fitur Toko Libur di Shopee
  7. Buat Auto Reply Chat
    Kemudian, untuk memberikan keterangan pada pelanggan yang akan membuat pesanan di toko anda, silahkan buat pesan otomatis pada pesan masuk atau membuat Auto Reply Chat yang bertujuan untuk memberi tahu ke pelanggan bahwa toko Shopee tersebut sedang tutup sementara.
    Buat Auto Reply Chat
  8. Selesai Menutup Sementara Toko di Shopee
    Nah sekarang anda sudah berhasil mencoba cara melakukan penutupan toko secara sementara di Shopee.
    Selesai Menutup Sementara Toko di Shopee

Sedangkan untuk menutup toko secara selamanya atau permanen, silahkan simak ulasan mengenai cara menutup toko permanen berikut ini.

Menutup Permanen Toko di Shopee

Hampir mirip dengan cara menutup toko sementara, cara menutup permanen toko juga dengan mengaktifkan fitur toko libur. Namun pada cara ini, penjual tidak boleh menonaktifkan kembali fitur toko libur di Shopee. Sehingga toko akan tutup selamanya di Shopee tanpa harus menghapus akun toko.

Kemudian setelah melakukan penutupan toko permanen di Shopee, penjual juga bisa membuat Auto Reply Chat dengan berisikan pesan untuk memberitahukan kepada pelanggan bahwa toko tersebut sudah dinonaktifkan atau tutup secara permanen dan selamanya.

Itulah informasi mengenai cara melakukan penutupan toko secara sementara dan permanen di Shopee. Bagaimana, apakah masih ada yang alami kendala saat mencoba cara menutup toko menggunakan cara-cara di atas?

Berbicara mengenai toko di Shopee, buat anda yang ingin tahu cara melihat tautan toko sendiri di Shopee, kemarin admin Ahlibelanja sudah pernah merangkum tentang cara melihat link toko Shopee sendiri. Serta buat anda yang ingin tahu tentang cara merubah nama toko di Shopee, admin Ahlibelanja juga sudah pernah merangkum tentang cara mengubah nama toko di Shopee.

FAQ

Apakah bisa tutup toko Shopee melalui HP?

Bisa.

Bagaimana cara menutup toko di Shopee

Cara melakukan penutupan toko Shopee di HP yakni melalui menu pengaturan toko, yaitu dengan mengaktifkan fitur toko libur di Shopee.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan ulasan di atas, bahwa cara menutup toko di Shopee yakni dapat dilakukan secara sementara dan permanen melalui HP Android dan iPhone. Yakni dengan mengaktifkan fitur toko libur pada halaman pengaturan toko saya di Shopee. Dimana menu tersebut bisa digunakan untuk menonaktifkan toko di Shopee.

Sekian artikel kali ini tentang cara tutup toko di Shopee. Terima kasih telah bersedia mengunjungi Ahlibelanja.com dan semoga ulasan tentang cara tutup toko Shopee di atas bisa menambah wawasan buat anda semuanya.

Lutfhi Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel yang saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada saran ataupun kritikan bisa melalui komentar ataupun hubungi saya lewat email di menu kontak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.