6 Cara Retur Barang di Lazada 2023 Paling Mudah

Cara Retur Barang di Lazada

Cara Retur Barang di Lazada – Lazada merupakan salah satu marketplace terbesar yang ada di Indonesia, dimana marketplace ini awalnya menganut sistem B2C (Bussines to Concumer). Akan tetapi saat ini Lazada sudah menggunakan sistem C2C (Consumer to Consumer), meskipun untuk sistem B2C masih tetap digunakan.

Tidak berbeda jauh dengan beberapa marketplace yang ada, dimana pembeli biasanya mengalami sebuah kesalahan barang ataupun cacat saat pengiriman yang menyebabkan pembeli ingin melakukan retur barang tersebut. Dan hal tersebut juga sering terjadi di Lazada.

Apabila kalian baru saja melakukan pembelian di Lazada dan kebetulan barang yang diterima tidak sesuai ataupun ada cacat pada saat pengiriman, kemudian kalian ingin melakukan retur barang. Akan tetapi kalian belum mengetahui bagaimana cara retur barang tersebut.

Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan, siapa tahu saja informasi yang akan kami berikan hari ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang sedang kalian hadapi.

Syarat Retur Barang di Lazada

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara retur barang di Lazada, alangkah baiknya jika kalian ketahui terlebih dahulu apa saja syarat yang diperlukan supaya retur barang kalian dapat diterima atau di proses sesuai dengan keinginan kalian.

Dimana syarat pengembalian barang di Lazada adalah sebagai berikut.

  • Memiliki bukti pembelian (nomor pesanan, faktur pembelian atau lainnya).
  • Apabila kalian menggunakan metode pengiriman drop off, maka tunjukan nomor resi pengembalian barang kepada jasa pengiriman yang dipilih pada saat mengiri formulir pengembalian barang.
  • Dapat memberikan alasan pengembalian barang yang sah dan sesuai dengan syarat persetujuan.
  • Apabila pengembalian barang berupa gadget, handphone, laptop atau perangkat lainnya. Mohon disertakan dengan password untuk memudahkan proses quality check.

Biaya Retur Barang di Lazada

Sedangkan untuk biaya pengembalian barang sendiri tidak dikenakan apabila menggunakan metode pengembalian drop off. Sedangkan untuk metode pengembalian dengan menggunakan jasa pengiriman sendiri, maka biaya akan ditanggung kepada pihak pembeli atau yang melakukan retur barang.

Cara Retur Barang di Lazada

Apabila sudah mengetahui beberapa hal tentang proses pengembalian barang di Lazada, maka saatnya kalian mengetahui bagaimana cara retur barang di Lazada secara lengkap. Dimana langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Lihat Semua Pesanan

1. Lihat Semua Pesanan Untuk Cara Retur Barang di Lazada

Pertama-tama silahkan buka aplikasi Lazada, setelah itu pilih menu Akun dan dilanjutkan dengan pilih menu Lihat Semua Pesanan.

2. Ajukan Pengembalian

2. Ajukan Pengembalian

Selanjutnya tinggal memilih produk yang ingin dikemblaikan, namun pesanan tersebut harus dalam status sudah diterima. Setelah itu tekan Ajukan Pengembalian, kemudian dilanjutkan lagi dengan memilih Saya ingin mengembalikan Produk.

3. Tambah Item Lagi

3. Tambah Item Lagi

Apabila ada item atau produk yang ingin dikembalikan lagi, maka kalian bisa pilih Tambah Item Lagi. Namun hanya dapat menambahkan item dalam satu paket pengiriman saja.

4. Pilih Atur Item

4. Pilih Atur Item

Apabila pengembalian item atau produk lebih dari satu, maka kalian dapat mengatur item untuk mengganti jumlah produk pengembalian.

5. Alasan Pengembalian

5. Alasan Pengembalian

Langkah selanjutnya tinggal mengisi Alasan Pengembalian Barang dan dilanjutkan dengan memilih Metode Pengembalian Barang yang ingin digunakan. Setelah itu silahkan pilih Konfirmasi.

6. Isi Detail Pengembalian

6. Isi Detail Pengembalian dan Cara Retur Barang di Lazada Berhasil

Langkah terakhir tinggal mengisi Detail Pengembalian barang pada bagian kolom komentar, ditambah dengan Upload Foto Barang yang ingin dikembalikan. Apabila semua sudah terisi, silahkan pilih Kirim.

Cara Melacak Retur Barang di Lazada

Apabila kalian sudah melakukan cara retur barang di Lazada seperti yang telah kami jelaskan diatas, maka setelah itu kalian bisa juga melacak pengembalian barang ke seller atau penjual dengan cara pilih menu Akun, setelah itu pilih menu Retur & Pembatalan.

Setelah itu silahkan kalian pilih Produk Dalam Proses Pengembalian. Pada halaman tersebut akan terlihat detail proses pengajuan, pick up/drop off sampai dengan produk telah diterima oleh penjual atau seller. Setelah barang di terima oleh seller, maka prose retur telah berhasil.

Akhir Kata

Dengan ini berakhir sudah informasi mengenai cara retur barang di Lazada untuk hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru Ahli Belanja berikan diatas tadi bisa memberikan banyak manfaat dan membantu kalian semuanya.

Sumber Gambar: lazada.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *