2 Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia Yang Sudah Dikirim

Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia

Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia – Kemudahan dalam berbelanja online terkadang membuat orang lupa telah membeli banyak barang dan terkadang ingin membatalkan pesanan karena salah pembelian atau karena alasan lainnya.

Maka dari itu tidak heran apabila ada orang bertanya bagaimana cara membatalkan pesanan Tokopedia? Karena barang kali saja orang tersebut sering melakukan belanja online di Tokopedia dan kebetulan juga telah salah melakukan pembelian, belum isi saldo Tokopedia atau karena hal lain.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi tentang cara membatalkan pesanan Tokopedia kepada kalian semua, barang kali saja ada diantara kalian yang sedang ingin membatalkan pesanan namun belum mengetahui caranya.

Apabila kalian memang sedang mencari tahu tentang cara tersebut, maka kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan pada kesempatan ini. Karena kami akan memberikan informasi tersebut secara lengkap.

Alasan Membatalkan Pesanan Tokopedia

Alasan membatalkan pesanan sebenarnya ada banyak sekali, namun alasan yang paling sering ialah karena salah melakukan pembelian barang atau menemukan barang lebih murah setelah melakukan pemesanan sehingga ingin membatalkan pesanan sebelumnya.

Selain itu, alasan lainnya bisa dikarenakan oleh saldo atau uang untuk melakukan pembelian barang tersebut tidak cukup, sehingga pada bagian proses pembayaran tidak dapat dilakukan. Dan akhirnya pembeli memutuskan untuk membatalkan pesanan.

Syarat Membatalkan Pesanan Tokopedia

Namun sebelum melakukan pembatalan pesanan Tokopedia, alangkah baiknya jika kalian ketahui juga apa saja syarat membatalkan pesanan. Karena jika syarat tersebut tidak terpenuhi, maka proses pembatalan pesanan tidak dapat dilakukan.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membatalkan pesanan adalah sebagai berikut:

  • Menu atau tombol Ajukan Pembatalan baru muncul setelah 6 jam proses pembayaran terverifikasi Tokopedia atau lebih tepatnya pada saat status transaksi telah diteruskan ke penjual.
  • Menu atau tombol Ajukan Pembatalan dapat hilang apabila kalian sudah pernah mengajukan pembatalan pada pesanan tersebut dan penjual sudah memproses pesanan.
  • Penjual memiliki hak untuk menolak pembatalan pesanan dari pembeli karena alasan tertentu, seperti misalnya produk sudah dipesan dari supplier dan sebagainya.

Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia

Setelah mengetahui beberapa hal tentang pembatalan pesanan di Tokopedia, lantas bagaimana cara membatalkan pesanan Tokopedia? Adapun cara untuk membatalkan pesanan tersebut dapat dilakukan melalui website dan aplikasi.

1. Website Tokopedia

Cara pertama ialah melalui website Tokopedia. Jadi sebelum melakukan pembatalan, silahkan kalian kunjungi terlebih dahulu website Tokopedia. Setelah itu silahkan login menggunakan akun yang telah melakukan pemesanan tersebut.

Setelah itu silahkan kalian mengikuti langkah untuk membatalkan pesanan seperti berikut:

  • Pilih Simbol Pesanan pada bagian atas halaman utama Tokopedia.
  • Setelah itu silahkan pilih Status Pesanan, kemudian dilanjutkan pilih Ajukan Pembatalan pada bagian invoice.
  • Selanjutnya akan muncul form Pengajuan Pembatalan Pesanan, silahkan isi asalan membatalkan pesanan dan pilih Ajukan.
  • Setelah itu pesan pembatalan pesanan akan diteruskan ke penjual dan penjual memiliki batas waktu 2 x 24 jam untuk merespon pesanan tersebut terhitung sejak persana terverifikasi.

2. Aplikasi Tokopedia

Apabila kalian ingin melakukan pembatalan melalui aplikasi Tokopedia, maka pastikan handphone kalian sudah terpasang aplikasi Tokopedia terlebih dahulu. Setelah itu silahkan login menggunakan akun yang ingin dibatalkan pesanannya.

Setelah itu silahkan kalian mengikuti langkah untuk membatalkan pesanan seperti berikut:

  • Pilih Menu Garis Tiga yang terletak disebelah kiri atas.
  • Kemudian pilih Pembelian dan dilanjutkan dengan memilih Status Pemesanan.
  • Selanjutnya akan muncul form Pengajuan Pembatalan Pesanan, silahkan isi asalan membatalkan pesanan dan pilih Ajukan.
  • Setelah itu pesan pembatalan pesanan akan diteruskan ke penjual dan penjual memiliki batas waktu 2 x 24 jam untuk merespon pesanan tersebut terhitung sejak persana terverifikasi.

Kesimpulan

Sebelum kalian memutuskan untuk membatalkan pesanan, pastikan terlebih dahulu status pembelian yang sedang berlangsung. Apabila status pembelian sudah mencapai barang sedang dikirim, maka pembatalan tidka dapat dilakukan.

Akan tetapi untuk status transaksi masih pada tahap, pesanan diproses atau belum melakukan pembayaran. Maka pesanan tersebut masih dapat dibatalkan setelah tombol atau menu Ajukan Pembatalan muncul pada status transaksi.

Sekiranya cukup sekian dulu informasi yang dapat Ahli Belanja berikan mengenai cara membatalkan pesanan Tokopedia, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan seputar membatalkan pesanan dapat memberikan banyak manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *