Biaya Iklan di Tokopedia 2023: Keuntungan & Cara

Biaya Iklan di Tokopedia

Biaya Iklan di Tokopedia – Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia, karena sudah banyak orang yang menggunakan marketplace tersebut. Tokopedia juga menggunakan sistem C2C atau consumer to consumer, sehingga memungkinkan pengguna juga menjual barang di Tokopedia.

Salah satu fitur yang bisa didapatkan oleh penjual adalah topads. Topads merupakan fitur iklan Tokopedia yang bisa meningkatkan penjualan, karena produk akan lebih sering ditampilkan oleh Tokopedia apabila sesuai dengan pencarian pembeli.

Penggunaan iklan di Tokopedia bisa lebih meningkatkan penjualan apabila ditambah dengan toko tersebut merupakan official store Tokopedia. Karena para pembeli cenderung lebih percaya kepada official store, dibandingkan dengan toko biasa seperti misalnya power merchant.

Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin menggunakan iklan Tokopedia, namun belum mengetahui berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk iklan di Tokopedia. Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi tentang biaya iklan Tokopedia yang akan kami berikan hari ini.

Keuntungan Iklan di Tokopedia

Keuntungan utama memasang iklan di Tokopedia tentunya dapat memaksimalkan penjualan, karena jangkauan pembeli terhadap produk akan lebih meningkat. Dengan presentase kemungkinan produk dilihat bisa mencapai 200% lebih sesuai dengan budget iklan.

Sedangkan untuk kenaikan penjualan di Tokopedia juga bisa meningkat kurang lebih 15% dari penjualan tanpa menggunakan iklan. Ditambah lagi, penempatan iklan di Tokopedia juga cukup strategis, sehingga kemungkinan dilihat lebih besar.

Jenis Iklan di Tokopedia

Sebelum kami lanjutkan ke informasi biaya, alangkah baiknya jika kalian ketahui juga jenis iklan apa saja yang ada. Dimana jenis iklan di Tokopedia sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu iklan otomatis, iklan produk dan juga iklan headline.

1. Iklan Otomatis

Iklan otomatis merupakan jenis iklan yang pengelolaannya hanya cukup dengan 1 kali klik. Namun untuk produk yang ditampilkan akan diacak oleh Tokopedia, dengan jumlah penampilan yang akan disesuaikan dengan budget atau settingan biaya iklan.

Iklan ini lebih cocok digunakan untuk meningkatkan performa toko secara keseluruhan, namun tidak cocok digunakan apabila kalian ingin meningkatkan produk tertentu. Karena seperti yang kami jelaskan tadi, untuk iklan produk akan ditampilkan secara acak.

2. Iklan Produk

Iklan produk adalah jenis iklan yang lebih berfokus pada satu produk saja. Sehingga pengaturan iklan dilakukan secara manual sesuai dengan keinginan penjual. Sehingga iklan jenis ini akan lebih cocok digunakan untuk meningkatkan penjualan produk tertentu.

3. Iklan Headline

Iklan headline merupakan fitur iklan yang menampilkan toko penjual pada bagian paling atas halaman pencarian di Tokopedia. Biaya yang dikenakan untuk jenis iklan ini juga menggunakan sistem CPC (Cost Per Click). Sehingga setiap pembeli atau pengunjung mengklik iklan tersebut, kalian akan membayar kepada Tokopedia.

Biaya Iklan di Tokopedia

Sistem pembayaran iklan di Tokopedia ialah menggunakan sistem CPC (Cost Per Click), besarnya biaya yang akan dikenakan untuk per unit iklan dapat diatur sesuai dengan keinginan pengiklan. Mulai dari Rp 10 per klik sampai dengan jumlah rekomendasi biaya dari Tokopedia.

Rekomendasi biaya iklan di Tokopedia merupakan jumlah kebanyakan biaya yang dikeluarkan oleh para pengiklan. Sehingga semakin tinggi biaya yang dikeluarkan, maka semakin sering iklan tersebut tampil di halaman Tokopedia.

Karena sistem iklan di Tokopedia sendiri sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sistem lelang, semakin tinggi biaya yang diatur, maka akan semakin sering iklan tersebut muncul. Namun tidak ada salahnya bagi kalian untuk mengatur biaya dibawah rekomendasi, agar sesuai dengan budget iklan.

Untuk dapat menggunakan iklan di Tokopedia, maka perlu mengisi kredit TopAds Tokopedia. Dengan jumlah minimal yang dapat diisi adalah Rp 100.000 dan jumlah maksimal adalah Rp 5.000.000.

Cara Mengaktifkan Iklan di Tokopedia

Setelah mengetahui beberapa hal tentang biaya iklan di Tokopedia, kemudian kalian merasa tertarik ingin mengaktifkan iklan di Tokopedia. Maka untuk cara mengaktifkan iklan di Tokopedia adalah sebagai berikut:

  • Klik Icon TopAds.
  • Kemudian Isi Kredit TopAds.
  • Kemudian memilih Metode Pembayaran.
  • Apabila pembayaran sudah terverisikasi, maka TopAds sudah aktif dan dapat digunakan.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi yang pada kesempatan ini dapat Ahli Belanja berikan mengenai biaya iklan di Tokopedia, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *