Lutfhi Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel yang saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada saran ataupun kritikan bisa melalui komentar ataupun hubungi saya lewat email di menu kontak.

Apa Itu Amazon

Apa Itu Amazon

Apa Itu Amazon mengulas tuntas mengenai perusahaan retail asal negara Paman Sam (US). Dimana kalian bisa mengakses websitenya untuk membeli atau berjualan produk apapun, kapanpun serta di manapun tempatnya.

Apa yang pertama kali muncul ketika kalian membaca kata Amazon? Mungkin sungai paling berbahaya di dunia. Jika membicarakannya di pengetahuan sosial maka kalian tidak salah, tapi untuk kali ini bukanlah sebuah sungai melainkan nama perusahaan.

Ketika berbincang seputar berbelanja, maka perlu dicatat bahwa Amazon merupakan sebuah perusahaan di bidang perdagangan berbasis elektronik (e-commerce). Sejak kemunculannya, e-commerce ini mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat ketika ingin membeli/menjual produk apa saja.

Pada artikel ini, ahlibelanja akan memberikan pembahasan lengkap mengenai perusahaan itu. Pembahasan di bawah berisi mulai dari sejarah, cara kerja hingga jenis layanannya.

Apa Itu Amazon : Sejarah, Cara Kerja & Jenis Layanan

Sejarah Amazon

Sejarah Amazon

Toko online ini berdiri di tahun 1995 sebagai sebuah toko buku dengan Jeff Bezos sebagai pendiri utamanya. Sebelum menggunakan kata Amazon, Jeff mendirikan toko itu dengan nama Cadavra, tapi rekan kerjanya memberi saran untuk mengubahnya karena terdengar seperti kata Cadaver (jenazah).

Logo resmi salah satu toko online terbesar itu mulanya dibuat memakai huruf ‘A’ serta gambaran sungai. Namun kini logonya telah berubah seperti gambar di atas yang memiliki arti sebagai penyedia produk apa saja (dari a sampai z).

Setelah berubah menjadi toko retail online, dalam kurun waktu beberapa tahun saja mampu menghasilkan keuntungan hingga 610 juta USD. Hal ini menjadikan Bezos masuk ke dalam majalah bisnis Time sebagai salah satu orang berpengaruh di Amerika.

Cara Kerja Amazon

Cara Kerja Amazon

Sebagai sebuah retail online terbaik, Amazon telah berubah dari sebuah toko menjadi pasar. Artinya perusahanan milik Bezos menyediakan tempat untuk penjual menampilkan barang dagangan, sedangkan pembeli bebas untuk langsung mengecek dan membelinya.

Siapapun bisa ikut mengkases website raksasa e-commerce ini asalkan sudah mempunyai akun. Hal itu membuat berbagai negara memilihnya sebagai marketplace favorit.

Secara singkat cara kerja dari FBA Amazon sendiri adalah:

  1. Penjual mengirim produk ke perusahaan.
  2. Kemudian perusahaan meyimpan barang itu.
  3. Seseorang melakukan pembelian barang itu.
  4. Lalu perusahaan mengambil stok dan mengemasnya.
  5. Selanjutnya mengirimkan langsung ke pembeli.

Sebenarnya di Indonesia sudah banyak perusahaan penyedia layanan dengan cara kerja yang hampir sama seperti e-commerce milik Jeff, contohnya adalah Bukalapak dan Tokopedia. Tapi untuk beberapa poin, Amazon masih lebih unggul dibanding perusahaan Indonesia itu.

Kelebihan Layanan Amazon

Kelebihan Amazon

1. Kelebihan Utama

Kelebihan utama dari marketplace seperti ini adalah rasa aman dan nyaman ketika belanja. Kelebihan utama lainnya adalah:

  • Bisa langsung membuat/registrasi akun lalu mulai melakukan transaksi barang apa pun, dari manapun dan kapanpun.
  • Jika sang penjual/pembeli berada di luar negeri, kalian tetap bisa bertransaksi, karena menyediakan pengiriman ke berbagai negara.
  • Berbagai metode pembayaran sudah tersedia, diantaranya adalah kartu kredit, kartu debit, payment code western union, atau silver card.
  • Mata uang bisa diganti transaksi bisa diubah.
  • Kebijakan transaksi jelas, sehingga transaksi lebih aman.

2. Kelebihan Bagi Pembeli

Amazon sebagai penyedia tempat telah memberi peraturan khusus agar seluruh penjualnya bersikap ramah. Selain itu pembeli juga akan mendapatkan kelebihan lain, seperti:

  • Kalian juga dapat langsung menghubungi penjual jika masih memiliki pertanyaan atau komplain seputar produknya.
  • Dapat membuat list belanjaan langsung.
  • Mempunyai kebijakan yang jelas untuk proses pembelian barang.
  • Memiliki layanan Gift Card.
  • Sudah banyak Jastip (jasa titip) di Indonesia.

3. Kelebihan Bagi Penjual

Selain bagi pembeli, ada juga kelebihan bagi pihak penjual yang berjualan di Amazon, yaitu:

  • Dapat menjual hampir produk apa pun dari segala jenis.
  • Jasa pengiriman sudah jelas disediakan.
  • Dapat membuat katalog barang dengan mudah.
  • Produk hanya perlu disetorkan ke pihak Amazon.

Kekurangan Layanan Amazon

Kekurangan Layanan Perusahaan Jeff Bezos

Meskipun sudah didukung oleh berbagai kelebihan di atas, tapi layanan retail online itu masih memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  1. Pengiriman shipping normal cenderung lama (18-32 hari) dan tidak bisa dilacak.
  2. Global shipping (expedited & priority) harganya mahal.
  3. Tidak Dapat membayar melalui VCC (virtual credit card).
  4. Belum menyediakan layanan bahasa Indonesia.
  5. Menghubungi penjual di luar negeri harus berbahasa Inggris.
  6. Bisa terkena bea cukai untuk transaksi di atas 75 USD.

FAQ Apa Itu Amazon

1. Apa bisa beli barang dari luar negeri ke Indonesia lewat Amazon?

Ya, kalian bisa membeli barang dari manapun untuk di kirim ke Indonesia.

2. Apa perusahaan Amazon punya kantor atau office di Indonesia?

Untuk saat ini belum ada.

3. Apa aman belanja di Amazon?

Cukup aman karena kebijakan menjadi seller tapi harus tetap waspada.

Demikian bahasan seputar Amazon yang merupakan perusahaan retail online dari Amerika, tapi tetap dapat kalian gunakan dari Indonesia. Dimana hal itu tentu saja berguna jika ternyata sebuah produk hanya ada di luar negeri.

Lutfhi Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel yang saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada saran ataupun kritikan bisa melalui komentar ataupun hubungi saya lewat email di menu kontak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *