Lutfhi Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel yang saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada saran ataupun kritikan bisa melalui komentar ataupun hubungi saya lewat email di menu kontak.

Apa Itu Alibaba

Apa Itu Alibaba

Apa Itu Alibaba akan dibahas pada artikel ahli belanja kali ini. Dimana penyandang nama itu adalah sebuah perusahaan penyedia jasa retail asal negeri tirai bambu.

Alibaba dapat didefinisikan sebagai sebuah pasar atau marketplace dengan sistem online. Dimana salah satu pemilik pangsa terbesar marketplace online dunia untuk saat ini adalah perusahaan itu.

Berbagai pihak menggunakan layanan milik Alibaba grup untuk menjual bermacam jenis produk, mulai dari bahan pokok sehari-hari hingga paket perjalanan wisata. Dimana pengkategorian produknya memudahkan semua pihak.

Jika kalian bertanya apa kelebihan ritel online itu, maka salah satu jawabannya adalah bahasanya (sudah menyediakan bahasa Indonesia). Selengkapnya mengenai kongsi dagang asal tiongkok itu bisa kalian simak pada penjelasan ahlibelanja berikut ini.

Apa Itu Alibaba : Sejarah & Layanannya

Sejarah Berdirinya Alibaba

Sejarah Alibaba

Di tahun 1999 pendiri sekaligus CEO awal Alibaba, Jack Ma, melihat adanya potensi dari pasar dagang berbasis internet, dimana penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi tanpa harus bertemu. Transaksinya juga tak sebatas di dalam negeri, melainkan dalam skala dunia.

Perlu diketahui bawa sebelum mendirikan Alibaba, Jack Ma adalah seorang pria yang bekerja sebagai guru bahasa inggris. Ketidakpuasan terhadap penghasilan sebagai guru mendorongnya mencari ide segar.

Setelah berkenalan dengan komputer dan internet, Jack Ma melihat potensi besar untuk membuat pasar di dalamnya. Berawal dari titik itu, kini Alibaba sudah menjadi satu dari 10 (sepuluh) perusahaan e-commerce terbesar di dunia.

Jika membahas mengenai e-commerce, tentu tidak bisa lepas dari sosok seorang visioner Jack Ma. Karena mantan guru itu, adalah seorang yang memberikan motivasi kepada karyawannya untuk tetap berpikir mengenai langkah 5 tahun ke depan.

Jenis Layanan Alibaba

Jenis Layanan Alibaba

Sebelum berhenti sebagai CEO di tahun 2013, Jack Ma menuliskan sebuah surat untuk seluruh karyawannya. Dimana salah satu kutipan inspiratifnya menyatakan bahwa layanan milik perusahaan itu harus mengutamakan konsumen, lalu baru karyawan, dan terakhir pemilik saham (shareholder).

Cara kerja layanan Alibaba sebagai perusahaan e-commerce itu dapat dikategorikan dalam 3 (tiga) jenis, yaitu:

  • Taobao – C2C (consumers-to-consumers), penghubung antar konsumen.
  • Tmall – B2C (businesses-to-consumers), penghubung pebisnis ke konsumen.
  • Alibaba – B2B (businesses-to-consumers), penghubung antar pebisnis.

Kemampuannya mengelola berbagai jenis layanan, membuat kongsi dagang yang berkantor pusat di Hangzhou itu menguasai 80% pangsa pasar negara China.

Pembayaran

Dari sisi pembeli (konsumen) kalian bisa menggunakan beberapa jenis pembayaran ketika belanja di retail online yang didirikan Jack Ma itu, diantaranya adalah kartu kredit, e-checking serta transfer bank.

Pengiriman (Shipping)

Jika kalian belum tahu apa saja pilihan pengiriman dari Alibaba ke dalam negeri, maka ahlibelanja akan memberitahukannya. Layanan shipping ke Indonesia adalah DHL, UPS, dan FedEx, dimana FedEx merupakan shipping tercepat namun termahal.

Kelebihan

Kelebihan Alibaba

Tak jauh berbeda dengan kebanyakan perusahaan e-commerce. Perusahaan asal tiongkok ini menawarkan kelebihan dalam bentuk kemudahan akses dan kenyamanan. Selain itu, beberapa kelebihan lain dari e-commerce itu adalah:

  1. Mampu memberikan dari layanan B2B hingga pada jenis C2C di saat e-commerce lain hanya B2C saja.
  2. Menyediakan tempat jual-beli hampir produk apa pun.
  3. Produsen tak perlu mengirim produknya ke pihak perusahaan atau bisa langsung menjual secara pribadi.
  4. Tidak membutuhkan listing produk, jadi penjual tak perlu repot membuat katalog.
  5. Menyediakan tempat komunikasi antara penjual-pembeli.
  6. Banyak pilihan Shipping.
  7. Tersedia berbagai jenis pembayaran.
  8. Terkoneksi dengan banyak perusahaan lain.
  9. Website resmi menyediakan bahasa Indonesia.

Kekurangan

Kekurangan Dari Kongsi Dagang Jack Ma

Hampir semua pemberi layanan retail online memiliki kekurangan. Jadi sebelum mulai bertransaksi simaklah daftar apa saja kekurangan industri terbesar di China itu berikut.

  1. Barang didominasi oleh produsen lokal, artinya sebagian besar produk masih bersumber dari China.
  2. Masih banyak fake seller, kebijakan pembukaan sebagai seller kurang ketat sehingga memungkinkan untuk fake seller berjualan.
  3. Sebagai pembeli harus ekstra hati-hati karena masalah fake seller tersebut.

FAQ Apa Itu Alibaba

1. Alibaba itu masuk jenis bisnis apa?

Penyedia layanan ritel online atau e-commerce.

2. Apa Alibaba grup memiliki anak perusahaan?

Ya, kongsi dagang itu memiliki beberapa anak perusahaan.

Sekiranya itulah apa saja informasi dasar mengenai Alibaba grup sebagai pioneer e-commerce atau ritel online yang dibangun oleh Jack Ma. Semoga deskripsi di atas bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin bergelut di dunia ritel online, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Lutfhi Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel yang saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada saran ataupun kritikan bisa melalui komentar ataupun hubungi saya lewat email di menu kontak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *